Ahlan Wa Sahlan – Arti dan Jawabannya (Lengkap)

Ahlan Wa Sahlan- Dalam bahasa arab terdapat beberapa ucapan yang mempunyai arti baik yang mendalam. Hal ini pulalah yang diajarkan dalam islam melalui ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

Dalam bahasa arab terdapat beberapa ucapan yang mempunyai arti baik yang mendalam. Hal ini pulalah yang diajarkan dalam islam melalui ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

Terdapat beberapa ajaran baik dalam ajaran islam. Baik dalam bentuk ucapan doa seperti kalimat pujian kepada Tuhan. Diantaranya meliputi kalimat toyyibah tahlil, tasbih, tahmid, takbir, sholawat dan masih banyak lagi.

Sedangkan dalam bentuk ucapan sapaan seperti ucapan salam ketika menjumpai seseorang, ucapan terimakasih, menanyakan kabar. Salah satu ucapan sapaan yang sering terucap ketika bertemu dengan seseorang adalah ucapan ahlan wa sahlan.

Seringkali ketika kita menjumpai seseorang yang mengerti bahasa arab, lantas berucap “Ahlan wa sahlan!” (أهلا وسهلا ).

Lalu seseorang itu menjawab “Ahlan bik!” (أهلا بك).

Lantas, ucapan ahlan wasahlan disamakan dengan ucapan “selamat datang”. Dan ucapan “ahlan bik” disamakan dengan ucapan “selamat datang juga” Padahal bukan demikian sebenarnya.

Lalu bagaimana penjelasan mengenai maksud, arti dan jawaban dari ucapan “ahlan wa sahlan”?

ahlan wa sahlan

Arti Ahlan Wa Sahlan

Pada umumnya ahlan wa sahlan diartikan sebagai ucapan selamat datang. Berikut lafadznya:

أَهْلًا وَسَهْلًا

Ahlan wa sahlan

Artinya : ” Selamat datang”

Kalimat ahlan wa sahlan (أَهْلًا وَسَهْلًا ) berasal dari kata “ahlun” ( أهْلَ ) yang artinya keluarga dan kata “sahlan” (سَهْلًا ) dari kata “sahlun” (سَهْل ) yang artinya mudah. Jika dua kata tersebut digabung maka memiliki arti “keluarga” dan “mudah.

Ungkapan tersebut berasal dari suatu ungkapan dalam bahasa arab yang bunyinya sebagai beirkut:

صادقت أهلا ووطئت سهلا

Artinya : “engkau benar telah kami anggap sebagai keluarga kami dan engkau telah singgah di tempat kami dalam keadaan mudah atau tanpa adanya kesulitan.”

Ungkapan di atas memberikan kita pemahaman bahwa ungkapan itu tidak hanya memiliki pengertian selamat datang, tetapi lebih dari itu, diantaranya adalah siapapun yang mengucapkan ahlan wa sahlan kepada orang yang dijumpainya berarti ia telah menganggap orang yang dijumpai tersebut sebagi bagian dari keluarganya yang berhak untuk dihormati, dikasihi, diperlakukan dengan baik, dll. Selayaknya keluarnya sendiri.

Lafadh sahlan yang terdapat pada ungkapan tersebut juga memberikan pemahaman baru. Ketika mengucapkan kalimat ahlan wasahlan berarti telah menganggap seseorang sebagai keluarga, berusaha memberikan kemudahan-kemudahan kepada seseorang yang dijumpai, dan tidak mempersulit urusannya.

Makna sebagai keluarga ditunjukkan oleh kata ahlan yang menggambarkan rasa persaudaraan. Sedangkan makna kemudahan ditunjukkan oleh kata sahlan yang mempunyai makna sikap tolong menolong, saling meringankan beban dan berbuat kebaikan terhadap sesama.

Dalam suatu hadist, Rasulullah mengajarkan kepada umatnya tentang pentingnya menjaga persaudaraan dengan sesama.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ فِي الدُّنْيَا يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ عَلَى مُسْلِمٍ فِي الدُّنْيَا سَتَرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

Artinya : “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah utang), maka Allah Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi (aib) seorang Muslim, maka Allh akan menutup aib-nya di dunia dan akhirat.”

Jawaban Ucapan Ahlan Wa Sahlan

Sama halnya seperti mengucap salam. Ucapan ahlan wa sahlan baiknya dijawab dengan kalimat yang baik dan sesuai.

Lalu apa balasan ucapannya?

Ahlan wasahlan dapat di respon dengan memberikan jawaban menyesuaikan dengan seseorang yang mengucap kalimat tersebut.

1. Jawaban jika yang mengucapkan laki-laki

أَهْلًا بِكَ

“Ahlan bika”

Artinya :”Selamat datang juga kamu (laki-laki)”

2. Jawaban jika yang mengucapkan perempuan

أَهْلًا بِكِ

“Ahlan biki”

Artinya : “Selamat datang juga kamu (perempuan)

3. Jawaban jika yang mengucapkan orang banyak

أَهْلًا بِكُمْ

“Ahlan bikum”

Artinya : “Selamat datang juga kamu sekalian (jamak)”

Demikian penjelasan mengenai ahlan wasahlan dari arti, dan jawabannya secara lengkap. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*