Doa Penenang Hati (Agar Hati Jadi Selalu Tenang)

Doa Penenang Hati– Hati merupakan bagian terpenting dalam manusia. Dalam bahasa arab, hati disebut sebagai qolbu. Ditinjau dari segi bahasa, qolbu mempunyai dua makna, yaitu sesuatu yang memiliki kemuliaan atau sesuatu yang bolak-balik.

Hati sebagai kemuliaan dijelaskan oleh Allah SWT dalam perintah Nya kepada orang mukmin untuk memiliki hati yang suci, bersih. Allah SWT berfirman:

إِذْ جَاءَ رَبَّهُ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ

Artinya : “(Ingatlah) ketika dia (Ibrahim) datang kepada Tuhannya dengan hati yang suci.” (QS. ash-Shaffat: 84)

Demikian pula penjelasan mengenai hati yang bolak balik dijelaskan pada sebuah hadits:

يامقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.”[HR.Tirmidzi 3522, Ahmad 4/302, al-Hakim 1/525, Lihat Shohih Sunan Tirmidzi III no.2792]

Hati dalam manusia memegang kendali penting atas kebahagiaan hidup. Jika kondisi hati baik maka seluruh tubuh akan baik pula, demikian sebaliknya jika hati rusak, maka seluruh tubuh akan rusak. Rasulullah SAW bersabda:

أَلاَ وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً، إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، أَلاَ وَهِيَ الْقَلْبُ. رواه البخاري ومسلم.

Artinya : “Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging. Jika segumpal daging itu baik, maka baiklah seluruh tubuhnya, dan jika segumpal daging tersebut buruk, maka buruklah seluruh tubuhnya. Ketahuilah, segumpal daging itu adalah hati.” (HR Bukhari dan Muslim)

Manusia terkadang memaknai keberadaan dan fungsi hati sebagai hati nurani. Hati nurani merupakan suatu kesadaran moral yang tumbuh dalam hati manusia dan mempengaruhi tingkah laku seseorang. Terkadang manusia merasa hampa, sedih, senang berlebihan, melakukan sesuatu yang sia-sia, mencari kesenangan sesaat, merasa gelisah, dan tidak tenang. Hal inilah yang menyebabkan menjaga kesehatan dan ketenangan hati sangatlah penting.

Berikut beberapa doa, dzikir maupun amalan yang dapat dilakukan untuk senantiasa menjaga supaya hati tetap selalu tenang:

Doa Penenang Hati

Doa merupakan sebuah bacaan yang diucapkan dalam bentuk permohonan, ucapan kebaikan, harapan oleh makhluk kepada Tuhan nya. Doa penenang hati yaitu ucapan doa memohon kepada Allah SWT dengan segala bentuk kerendahan hati sebagai seorang makhluk untuk mendapatkan sebuah kebaikan dan kemaslahatan melalui ketenangan hati.

Berikut beberapa doa agar hati selalu tenang yang dapat diamalkan:

Doa penenang hati 1

Doa penenang hati

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wa huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dholaid daini, wa gholabatir rijali

Artinya: ” Ya Tuhanku, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kemalasan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)“.

Doa penenang hati 2

Doa penenang hati versi 2

Rabbanaa afrigh’ alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin

Artinya : ” Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir”. (Q.S. al Baqarah: 250)

Doa Penenang Hati 3

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ

Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Wa shamaamatil a’daa’

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk & dari keberhasilan-Sahih Bukhari

Doa Penenang Hati 4

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths

Artinya : “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan.” – Hadis Riwayat Tirmidzi

Doa Penenang Hati 5

اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla

Artinya: “Wahai Tuhanku, tiada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah boleh Engkau jadikan mudah apabila Engkau mengkehendakinya.” – Sahih Ibnu Hibban

Doa Penenang Hati 6

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung padaMu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.” – Sahih Bukhari

Doa Penenang Hati 7

لا إلهَ إلا أنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظّالِمِيْنَ

Laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntu minaz zholimin

Artinya: “Tiada Tuhan melainkan Engkau (ya Allah)! Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku adalah dari pada orang-orang yang menganiaya diri sendiri.” (Q.S. Al-Anbiya ayat 87)

Amalan Penenang Hati

Menjaga ketenangan hati selain dengan beberapa doa, dapat pula dengan melakukan amalan-amalan berikut:

Mengingat Tuhan

Amalan paling sederhana yang dapat diterapkan pertama kali ketika hati tidak tenang adalah dengan cara mengingat Tuhan.

Tuhan, ialah yang sepatutnya disembah oleh seorang makhluk. Ketika hati seorang mukmin tidak tenang, lantas sedang menyembah siapakah dia? Jika seorang mukmin merefleksikan kembali siapakah Tuhan mereka, siapakan tempat untuk kembali, dan siapakah yang sangat harus kita cintai pertama kali, Dialah Tuhan seluruh alam.

Manusia senantiasa mendapatkan ujian hidup berupa kesenangan dan kesedihan. Tidak tenangnya hati akibat ujian hidup tersebut, seolah menguji kembali seorang mukmin tersebut akan ingat dan kembali kepada Tuhan nya kah atau sebaliknya. Allah berfirman:

وَأَنِيبُوا إِلَىٰ رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ

Artinya : “Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya.” (QS az-Zumar: 54).

Dzikir

Dalam ajaran islam, seorang mukmin diajarkan untuk mengingat Tuhan dengan ucapan-ucapan yang menyebut nama Allah SWT, yaitu dengan dzikir. Dzikir dapat dilakukan melalui ucapan lisan maupun berdzikir melalui hati.

Para sufi terdahulu menyatakan bahwa amalan dzikir adalah yang paling utama, karena dengan berdzikir menyebut asma Allah dapat menghidupkan batin seseorang, mencegah dari kelalailan, dan menghidupkan hati. Dzikir merupakan sarana penyatu seorang mahkluk dengan Tuhan nya. Dzikir merupakan salah satu bentuk wujud pernyataan cinta seorang hamba kepada Sang Khaliq. Allah SWT berfirman dalam ayat-Nya:

لَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوب

Artinya : “Ketahuilah hanya dengan berdzikir kepada Allah  hati menjadi tenang.” (Q.S. Ar-Ra’d : 28)

Dzikir sangat banyak macamnya, karena dzikir diucapkan dengan menyebut asma Allah. Dzikir bisa diamalkan dengan mengucap asmaul husna (nama-nama Allah yang baik), lafadz tahmid, tasbih, takbir, istighfar, hauqolah, dan beberapa kalimat thayyibah lainnya. Berikut beberapa bacaan dzikir yang paling sering diucapkan oleh seorang mukmin:

Dzikir Tasbih

سُبْحَانَ اللهِ

Subhaanallah

Artinya : Maha suci Allah

Dzikir Tahmid

الْحَمْدُ للهِ

Alhamdulillaah

Artinya : Segala puji bagi Allah

Dzikir Takbir

للهُ اَكْبَرُ

Allaahu akbar

Artinya : Allah Maha Besar

Dzikir Istighfar

أستغفر الله

Astaghfirullah

Artinya : Aku memohon ampun kepada Allah

Dzikir Tahlil

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ

Laa ilaa ha illallaah

Artinya : Tiada Tuhan selain Allah

Dzikir Asmaul Husna

Beberapa ulama sering melafadzkan dzikir penenang hati dari asmaul husna yaa lathif (Maha lembut) secara berulang-ulang untuk menentramkan hati

ياَ لَطِيْفُ

Yaa lathif

Artinya : Allah Yang Maha Lembut

Dzikir Sholawat

Secara bahasa as-shalawât ( الصلوات ) merupakan bentuk jamak dari kata as-shalât ( الصلاة ) yang berarti berdoa. Karenanya maka bershalawat berarti mendoakan kebaikan bagi beliau baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Begitu besar keutamaan sholawat hingga Allah dan Malaikat pun bersholawat kepada Rasulullah SAW. Dalam Al-Qur’am Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan bersalamlah dengan sungguh-sungguh.”  (Q.S. Al-Ahzab : 56)

Sholawat merupakan amalan ibadah yang pasti diterima disisi Allah SWT karena sholawat merupakan pengagungan rasa cinta seorang hamba terhadap kekasih-Nya.

أَدِمِ الصَّلاَةَ عَلَى مُحَمَّدٍ    فَقَبُوْلُهَا حَتْمًا بِغَيْرِ تَرَدُّدٍ

أَعْمَالُنَا بَيْنَ الْقَبُوْلِ وَرَدِّهَا  اِلاَّ الصَّلاَةَ عَلَى النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ

Artinya : Bacalah shalawat selalu, sebab shalawat pasti diterima. Adapun amal yang lain mungkin saja diterima dan mungkin ditolak, kecuali shalawat. Shalawat pasti diterima.

Sholawat ditujukan kepada Rasulullah sebagai salah satu wujud cinta seorang hamba Allah kepada Rasulullah. Serupa seperti bagaimana Rasulullah SAW sangat mencintai umat nya hingga siapa saja yang membaca sholawat pasti akan mendapat rahmat-Nya. Rasulullah pernah bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى الله عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.”

Orang yang mendapat shalawat dari Allah berarti dia mendapatkan anugerah yang sangat besar dari-Nya. Sehingga dengan rutin mengamalkan sholawat, insya Allah hati akan selalu tenang.

Membaca atau Mendengarkan Ayat-ayat Al-Qur’an

Membaca atau mendengarkan Al-Qur’an merupakan sarana berdialog dengan Allah SWT. Dengan membaca Al-Qur’an maka secara tidak langsung telah melakukan pendekatan sebagai seorang makhluk kepada Tuhannya. Lakukanlah dengan khusyuk, maka dengan ini hati akan tenang.

Membaca Surat Yasin

Surat Yasin dinyatakan sebagai jantungnya Al-Qur’an. Sehingga dengan membaca surat Yasin dapat membantu untuk ketenangan hati.

إِنَّ لِكُلِّ شَىْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس َمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

Artinya : “Segala sesuatu memiliki jantung. Jantungnya Al-Qur’an adalah surah Yasin. Siapa yang membaca surah Yasin, maka Allah akan mencatat baginya seperti membaca Al-Qur’an sepuluh kali.” (HR. Tirmidzi, no. 2887)

Kandungan surat yasin cukup luas, meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah ta’ala, peringatan kematian, hari akhir, serta kisah perjuangan para syuhada dan pendakwah. Maka dari itu surat yasin memiliki banyak sekali keutamaan diantaranya untuk menjaga supaya hati tetap tenang.

Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi seorang mukmin. Dianjurkan untuk menunaikan sholat tahajud pada sepertiga malam terakhir dimana kondisi tubuh sangat baik sehingga dengan menunaikan sholat tahajud mampu meningkatkan kesehatan rohani sehingga hati menjadi lebih tenang.

Sabar

Sabar merupakan suatu sikap menahan hawa nafsu. Sabar merupakan sifat mulia yang diterapkan oleh seorang muslim terhadap segala peristiwa yang menimpa dirinya. Dengan meningkatkan kapasitas sabar,maka seornag mukmin dapat meningkatkan kapasitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Sebuah hadist berbunyi:

اِذَا اَحَبَّ اللهُ عَبْدًا اِبْتَلَاهُ, فَاِنْ صَبَرَ اجْتَبَاهُ وَانْ رَضِيَ اصْطَفَاهُ

Artinya : Jika Allah swt mencintai seseorang maka Ia akan mengujinya. kalau orang itu sabar, maka Allah swt akan menjadikannya orang mulia (mujtaba). Dan jika ia ridha (rela) maka Allah swt akan menjadikannya sebagai orang pilihan yang istimewa (musthafa).

Demikian beberapa doa dan amalan penenang hati yang dapat diamalkan agar hati jadi selalu tenang. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*