Doa Penenang Hati (Agar Hati Jadi Selalu Tenang)

Doa penenang hati adalah bacaan yang diamalkan seorang mukmin saat mengalami kegelisahan dalam jiwanya.

Merasa sedih, gelisah, stress sampai putus asa,semua itu pasti pernah dialami setiap manusia. Tentunya dalam menyikapi kesedihan ini, kita tidak boleh berlarut-larut sehingga mungkin akan menyebabkan pikiran menjadi semakin kacau.

Sudah selayaknya sebagai orang islam ketika sedang bersedih, kita diwajibkan untuk berserah diri kepada Allah SWT dengan memanjatkan doa dan dzikir sesuai apa diperintahkan oleh Al-Quran dan hadits.

Doa dan dzikir adalah ibadah yang sangat mulia dan membuat hati menjadi lebih tenang serta memiliki faedah yang luar biasa bagi pelakunya baik di dunia maupun di akhirat.

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memperbanyak berdoa dan berdzikir setiap hari baik dalam keadaan sedih ataupun senang, lapang ataupun sempit serta sehat ataupun sakit.

Doa Penenang Hati

Doa penenang hati adalah bacaan yang diamalkan seorang mukmin saat mengalami kegelisahan dalam jiwanya, baik dalam kondisi stress saat menghadapi masalah ekonomi, pekerjaan, kegagalan ataupun masalah lainnya.

Oleh karena itu, dengan membaca doa ini insya Allah akan menghilangkan segala kegelisahan atau kecemasan yang ada dalam hati sehingga menjadikan hati lebih tenang.

Doa penenang hati ini sebagai bentuk permohonan kepada Allah yang mana harus disertai dengan sikap tawadhu maupun kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan dari apa yang ada disisiNya.

Berikut ini adalah bacaan doa penenang hati yang dapat diamalkan ketika sedang gelisah, stress ataupun sedih.

Bacaan doa penenang hati

1. Doa Menenangkan Hati

doa penenang hati

(Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin)

Yang artinya:

Ya Tuhan kami, limpahkanlah atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir“.(QS. Al-Baqarah ayat 250)

2. Doa agar hati menjadi tenang

doa gar hati tenang

(Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dholaid daini, wa gholabatir rijali)

Yang artinya:

“Ya Tuhanku, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kemalasan,  dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).

3. Dzikir penenang hati

Amalan dzikir berikut ini mampu mendatangkan ketenangan hati.

dzikir - dzikir penenang hati

Amalan yang dapat dilakukan agar hati tenang

Jadi selain doa-doa dan dzikir diatas, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan agar hati menjadi tenang disaat menghadapi masalah.

1. Bersabar

Dalam menghadapi masalah usahakan untuk tetap sabar dalam menghadapinya, walaupun masalah tersebut terlihat berat membuat hati gelisah, tidak tenang dan lainnya karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Allah telah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 153 Yang artinya:

“Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”.

2. Membaca dan mendengarkan Ayat-ayat suci Al-Quran

Membaca dan mendengarkan ayat-ayat suci Al-Quran adalah salah satu obat mustajab penyakit hati.

Apabila kita membaca dan mendengarkan Al-quran dengan khusyuk, maka hati kita akan tenang, pikiran akan jernih, batin terasa tentram dan hidup akan damai.

3. Membaca surat yasin

Membaca surat yasin dapat membuat hati menjadi tenang. Keutamaan membaca surat yasin akan membuat hati dan pikiran lebih tentram.

Usai membaca surat yasin dianjurkan untuk memanjatkan doa berharap agar perasaan gelisah dan keresahan hati dapat segera dihilangkan, karena waktu terbaik membaca doa adalah setelah membaca Al-Quran.

4. Mengerjakan sholat tahajud

Dengan mengerjakan sholat tahajud akan membuat jiwa menjadi kuat dan hati menjadi lebih tenang saat menghadapi cobaan.

Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, “ sholat manakah yang paling utama setelah shalat wajib?” Rasulullah menjawab,”Shalat Tahajud”. (HR. Muslim).

Berdasarkan hadits diatas keutamaan sholat tahajud menjadi sangat luar biasa karena waktu mengerjakan sholat ditengah malam disaat kebanyakan manusia terlelap dalam tidur. Dalam kondisi hening, sunyi dan tenang sehingga kita dapat lebih khusuk mendekatkan diri kepada Allah. Ketentraman dan ketenangan akan kita peroleh saat melaksanakan sholat tahajud.

5. Perbanyak istigfar dan dzikir

Dzikir dan istigfar dapat menenangkan hati dan pikiran.

Terdapat dua amalan wirid dzikir yang dapat dilakukan agar hati menjadi tenang, pertama dzikir “Hasbunallah wa ni’mal wakiil” dan kedua, dzikir “la haula wala quwwata illa billah”.

6. Senantiasa mengingat Allah

Selalu mengingat Allah akan mendatangkan ketentraman dan kedamaian hati. Sesuai dengan firman Allah dalam surta Ar-Ra’d ayat 28.

Yang artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Demikianlah, penjelasan mengenai doa penenang hati. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*