Doa Setelah Adzan (Bacaan dan Artinya)

Doa setelah adzan — Suara adzan berkumandang setiap hari diseluruh penjuru dunia tanpa henti yang senantiasa selalu mengagungkan kebesaran Allah sebagai sang pencipta alam semesta.

Adzan adalah seruan atau panggilan bagi setiap mukmin untuk menunaikan sholat fardhu. Adzan menjadi suatu tanda atas datangnya waktu sholat baik laki-laki maupun perempuan diperintahkan untuk segera mengerjakan sholat.

Adzan memiliki beberapa keutamaan, salah satunya saat membaca doa setelahnya kita akan mendapatkan keberkahan dan kebaikan darinya, selain itu membaca doa tersebut, permohonan yang kita inginkan mudah dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sebelum membahas mengenai doa setelah dilantunkan adzan, berikut adalah bacaan atau lafadz-lafadz yang terkandung didalam adzan.

Bacaan Adzan

Lafadz-lafadz bacaan adzan dituliskan sebagai gambar di bawah ini.

bacaan adzan
  • Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x)
  • Asyhadu allaa illaaha illallaah (2x)
  • Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah (2x)
  • Hayya’alashshalaah (2x)
  • Hayya’alalfalaah (2x)
  • Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)
  • Laa ilaaha illallah (1x)

Arti Bacaan Adzan

  • Allah Maha Besar, Allah Maha Besar (2x)
  • Aku menyaksikan bahwa tiada tuhan selain Allah (2x)
  • Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah (2x)
  • Marilah sholat (2x)
  • Marilah menuju kepada kejayaan (2x)
  • Allah Maha Besar, Allah Maha Besar (1x)
  • Tiada Tuhan selain Allah (1x)

Bagaimana menjawab adzan?

Menjawab seruan adzan umumnya sama dengan bacaan adzan itu sendiri. Seperti ketika muadzin mengumandangkan Allaahu Akbar, maka kita menjawabnya dengan bacaan yang sama yaitu “Allaahu Akbar”.

Hal yang sama dijawab untuk semua lafadz adzan lainnya. Namun, terdapat dua bacaan adzan yang dijawab dengan bacaan berbeda, seperti

Saat muadzzin mengucapkan “Hayya’alashshalaah” dan “Hayya’alalfalaah” kita menjawabnya dengan bacaan “La khaula wa Laa khuwata illaa billaah”.

Doa Setelah Adzan

Setelah adzan selesai berkumandang, kita dianjurkan membaca doa berikut.

doa setelah adzan

(Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz)

Arti bacaan doa setelah adzan

“Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.” (HR. Bukhari, Abu dawud, Tarmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

Keutamaannya

Makna dari doa setelah melafadzkan adzan beserta amalannya yaitu bisa mengabulkan keinginan, menghapuskan dosa dan mendapatkan syafaat. 

Salah satu keutamaan doa setelah adzan diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah Ra,  Rasulullah bersabda:

“Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka masuklah syafaatku baginya di hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Dengan membaca doa ini, kita akan mendapat syafaat dari baginda Nabi Muhammad SAW di hari kiamat kelak.

Syafaat dari Rasulullah sangat luar biasa diantaranya syafaat dari beliau bisa meninggikan derajat seseorang mukmin dan syafaat beliau mampu menuntun seorang hamba masuk ke surga tanpa proses hisab.

Selain itu, syafaat membaca doa tersebut, yaitu mati dalam keadaan husnul khatimah.

Seorang yang mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad sudah pasti seorang hamba yang dikaruniai keimanan saat meninggal kelak di akhirat.

Keutamaan lainnya berkaitan dengan waktu setelah adzan adalah waktu mustajab untuk permohonan doa. Oleh karena itu, ketika adzan kita diperintahkan untuk mendengarkan, kemudian menjawab adzan dan memanjatkan doa setelahnya.

Makna Doa Setelah Adzan

Doa setelah adzan mengandung makna didalam bacaan nya,

Bacaan “Allahummma robba haadihid da’watit taammah” memiliki makna yaitu permohonan kepada Allah atas kebenaran seruan adzan yang sempurna.

Maksud dari seruan yang sempurna disini bahwa seruan adzan tidak mempunyai kekurangan didalamnya, lafadz yang dikumandangkan selalu sama tidak mengalami perubahan dan tetap ada sampai hari kebangkitan kelak.

Selanjutnya yaitu bacaan “washolaatil qoo-imah” yang mempunyai makna bahwasanya sholat bersifat kekal , yang akan selalu didirikan oleh semua umat islam sampai hari akhir nanti.

Selanjutnya bacaan”aati muhammadanil washiilata” memiliki makna sesuatu yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meminta wasilah kepada Allah untuk menjadikan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berada di dekat sisi Allah.

Kemudian bacaan”Al-Fadhilah” pada doa setelah adzan memiliki makna derajat atau kedudukan atas semua makhluk yang sesuai dengan kedudukan Rasulullah.

Yang terakhir makna bacaan “wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah” adalah meminta kepada Allah agar menempatkan Rasulullah pada maqam al-mahmud (kedudukan terpuji) sesuai dengan apa yang dijanjikan Allah SWT dalam surat Al-Israa ayat 79 yang artinya:

“…Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa ayat 79)

Doa setelah iqomah

Iqomah adalah bacaan yang disunnahkan untuk diucapkan sesaat akan mendirikan sholat.

Mengumandakan iqomah berbeda dengan adzan, saat adzan disunnahkan untuk mengeraskan suara sedangkan untuk iqomah sendiri disunnahkan dengan melirihkan suara.

Apabila mendengarkan iqomah disunnahkan untuk menjawab seruan tersebut dengan menirukan bacaan iqomah. Setelah selesai iqomah disunnahkan untuk membaca doa setelah iqomah sebagaimana berikut.

doa setelah iqomah

(Aqoomahalloohu wa-ad aamahaa maadaa matis samaawaatu wal-ardl)

Arti bacaan doa setelah iqomah

“Semoga Allah mendirikannya (shalat) dan mengekalkannya selama langit dan bumi masih ada.”

Demikianlah, penjelasan doa setelah adzan dan makna nya. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*