Arti dan Jawaban dari Barakallah Fiikum

Arti dan Jawaban dari Baarakallaahu Fiikum- Manusia hidup sebagai makhluk sosial. Setiap saat akan bertemu dan berhubungan dengan orang lain. Bersilaturahmi, berdialog, dalam urusan ibadah, kemanusiaan. Ketika selesai urusan tersebut, seorang mukmin sering mengucapkan kalimat perpisahan. Baarakallaahu fiikum. Apa arti dan jawaban barakallah hu fiikum tersebut?

Arti Barakallahu Fiikum

Barakallah mempunyai arti “barakah Allah”, atau bisa dijelaskan sebagai berkah yang berasal dari Allah.

Baarakallah tersusun dari 2 kata, yaitu “baaraka (بارك)” , dan “Allaah (الله)”. Kata “baaraka” memiliki makna berkah, kemanfaatan, bertambahnya kebaikan. Sedangkan kata “Allaah” berarti Allah Ta’ala. Jika kedua kata tersebut digabung berarti “Semoga Allah memberkati” sama seperti ucapan “Good bless you”. Berikut ucapan baarakallah:

بَارَكَ اللَّهُ

baarakallah

Artinya : Semoga Allah memberkati

Jika kalimat “Baarakallaah” ditambahi dengan kata “fiikum” mempunyai arti doa untuk seseorang atau sesuatu yang diucapkan. Fiikum mempunyai arti “kepadamu” (untuk laki-laki, perempuan, atau kalian orang banyak). Berikut kalimat baarakallahu fiikum:

jawaban barakallah

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya melalui ucapan “Baarakallaahu fiikum” sebagaimana yang diajarkan oleh nabi-nabi pendahulu beliau. Diriwayatkan oleh Imam an-Nasa’i melalui perkataan ibunda Aisyah RA sebagaimana berikut ini:

أُهْدِيَتْ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شَاةٌ فَقَالَ : اقْسِمَيْهَا وَكَانَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا إِذَا رَجَعَتِ الْخَادِمُ تَقُوْلُ : مَا قَالُوْا ؟ تَقُوْلُ الْخَادِمُ قَالُوْا : بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ تَقُوْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ نَرُدُّ عَلَيْهِمْ مِثْلَ مَا قَالُوْا وَيَبْقَى أَجْرُنَا لَنَا

Artinya : “Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Maka Beliau memerintahkan, “Bagi dua-lah domba tersebut (untuk disedekahkan)”. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut,) Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda ‘Aisyah ra jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?” Pelayanannya menjawab, “Baarakallaah Fiikum (بَارَكَ اللهُ فِيْكُم) [semoga Allah memberkahi kalian]”. Maka ‘Aisyah pun mengatakan, “Wa Fiihim Baarakallaah (وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ) [semoga Allah juga memberkahi mereka], kita telah membalas do’a mereka dengan do’a yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).

Jawaban Barakallah Fiikum

Ucapan Baarakallaahu fiikum termasuk salah satu ucapan yang memerlukan jawaban, Sehingga dengan itu, alangkah baiknya jika kita mengaminkan ucapan baik tersebut. Sebagaimana jika orang berdoa bersama maka kita lantas mengaminkan ucapan pendoa tersebut.

Jawaban ucapan Barakallah hu fiikum bermacam. Serupa dengan ketika kita menerima ucapan terimakasih dari orang lain. Lantas maka kita bisa mengucapkan “sama-sama”, “terimakasih kembali”, “thank you!”.

Namun demikian, baarakallaahu fiikum bisa dijawab dengan ucapan “aamin”( آمين ) . Selain itu, bisa pula dijawab dengan ucapan doa balik sebagai berikut:

وَ فِيكَ بَارَكَ اللَّهُ

wafiika baarakallah

Artinya: Dan semoga Allah juga memberkahimu

Jika mendapat ucapan dari orang banyak, maka dapat diucapkan dengan kalimat berikut:

وَ فِيكُمْ بَارَكَ اللَّهُ

wafiikum baarakallah

Artinya: Dan semoga Allah juga memberkahi kalian semua.

Penggunaan Kalimat Barakallahu Fiikum

1. Sebagai ucapan terimakasih

Terimakasih merupakan suatu ucapan atas imbal balas jasa, ucapan, amalan, atau segala kebaikan. Mengucapkan barakallah kepada si fulan termasuk dalam ucapan doa kebaikan, rasa terima kasih, dan keselamatan. Kita yang mengucapkan baarakallaahu fiikum, berterima kasih kepada si fulan atas segala kebaikannya. Sehingga untuk membalas si fulan, kita berdoa kepada Tuhan semoga memberkati si fulan.

2. Bertemu dengan muallaf

Muallaf merupakan seseorang yang telah berpindah agama Islam. Ketika seseorang telah menyatakan muallaf, maka merupakan suatu kebajikan untuk mendoakan dalam kebaikan.

Doa dari kita untuk muallaf merupakan wujud berbuat kebaikan dalam habluminannas. Dengan harapan, seorang muallaf dapat dikuatkan imannya dan selalu mendapat ridho Allah SWT. Semoga segala amalan muallaf diterima oleh Allah SWT. Dosa yang lalu dapat dihapus dan dibuka kembali lembar baru sebagai seseorang yang beriman.

Jika menjumpai seseorang telah muallaf, ucapkanlah, Baarakallaahu fiikum. Semoga kasih sayang Tuhan atas kalian semua.

3. Seseorang yang tengah bersuka cita atas kesuksesan atau keberhasilan

Hal yang ladzim ketika menjumpai seseorang memperoleh kesuksesan dan keberhasilan adalah ucapan selamat. Ucapan selamat dalam Islam sangat beragam. Diantaranya yaitu, ucapan doa selamat, kebaikan, keselamatan.

Mengucapkan baarakallah kepada seseorang yang bersuka cita, menandakan kita sebagai sesama manusia merasa turut senang atas kesuksesan dan keberhasilan sesama. Dengan ini ucapkanlah baarakallah kepada saudaramu yang sedang bersuka cita!

4. Bertemu dengan orang menikah

Pernikahan merupakan salah satu gerbang kehidupan yang kelak setiap manusia akan melewatinya. Memberikan ucapan doa, keselamatan kepada sepasang pengantin sangat dianjurkan. Semoga pernikahan yang dibina sakinah, terdapat keberkahan yang melimpah di dalamnya, serta terhindar dari ancaman dan gangguan setan.

Hal ini sama halnya dengan ketika mendapatkan undangan pernikahan. Wajib bagi kita yang diundang untuk turut hadir memberikan ucapan selamat.

5. Bertemu dengan orang sakit

Dalam ajaran islam, ketika mendengar ada saudara sedang sakit maka kita dianjurkan untuk menjenguknya. Orang yang sakit membutuhkan dukungan emosional dengan hadirnya sanak saudara yang menjenguknya. Sedangkan menurut sunnah, orang yang sakit perlu didoaka supaya lekas sembuh, kembali dalam kebaikan dan keselamatan. Sehingga, ia bisa beraktivitas dan beribadah kembali dengan badan yang sehat.

Ucapkanlah baarakallah kepada orang sakit. Hal ini mempunyai makna kita memohon kepada Allah atas kesembuhan si fulan.

6. Ketika bertemu orang melahirkan

Saat terdapat salah satu dari teman anda yang melahirkan, maka sepantasnya supaya diberi doa supaya sang keturunan menjadi keturunan yang sholeh sholehah dan berbakti kepada ayah ibunya. Anak yang lahir pun ialah barakah dari Allah SWT, supaya lebih berkah lagi doakanlah.

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ


Artinya : “Semoga allah memberikan keberkahan kepadamu pada anak yang telah dikaruniakannya terhadap mu, semoga kamu dapat mensyukurinya kpd tuhan yang maha pemberi, semoga anak itu akan mencapai umur matangnya serta semoga kamu diberikan rezeki kebaikan atas nya”

7. Ucapan ulang tahun

Ini merupakan waktu yang cocok untuk mengucapkan kalimat baarakallaah, karena dengan bertambahnya umur semakin pendek juga masa untuk hidup di dunia ini. Dengan memberi doa kepadanya supaya memperoleh berkah kehidupan kepada Allah SWT pada setiap jalan kehidupan orang tersebut. Barakallah untuk orang yang sekarang sedang ulang tahun.

Demikian penjelasan mengenai arti dan jawaban barakallah fiikum. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*