15+ Keutamaan Sholat Tahajud (LENGKAP)

Keutamaan sholat tahajud ada banyak sekali, sehingga sholat sunah yang dikerjakan pada malam hari ini sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari sesudah megerjakan sholat isya hingga terbit fajar dnegan kondisi sesudah tidur meskipun hanya sebentar.

Sholat tahajud dapat dikerjakan dengan rakaat tak hingga. Waktu yang paling dianjurkan untuk mengerjakan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam, yaitu selepas tengah malam hingga memasuki waktu subuh.

Hukum mengerjakan sholat tahajud adalah sunnah muakkad, yaitu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk diamalkan. Perintah mengenai sholat tahajud dijelaskan pada firman Allah SWT pada Q.S. Al- Isra ayat 79:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari bertahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

keutamaan sholat tahajud
keutamaan sholat tahajud

Sholat tahajud merupakan sholat yang istimewa sehingga terdapat banyak keutamaan dalam mengerjakannya.

Berikut keutamaan sholat tahajud:

1. Masuk surga

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan. Dikerjakan pada sepertiga malam, dimana orang lain sedang tidur. Dengan melakukan sholat tahajud seorang hamba mampu berkomunikasi lebih khusyuk kepada Sang Khaliq.

Seorang mukmin akan mendapat pahala atas sholat tahajud sehingga mampu membantunya untuk masuk surga.

Diriwayatkan dalam suatu hadits, Rasulullah bersabda mengenai keistimewaan sholat tahajud kepada Abdullah Ibnu Muslim.

“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam dan bagikanla makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegaklah sholat malam saat manusia yang lai sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (H.R. Ibnu Majah)

2. Bekal amal ibadah untuk akhirat

Keutamaan sholat tahajud yang lain adalah sebagai bekal amal ibadah untuk akhirat.

setiap perbuatan manusia didunia pasti akan mendapat balasan, baik itu di dunia maupun di akhirat kelak. Amal  ibadah bagi seorang mukmin merupakan bekal untuk menghadapi putusan pengadilan di akhirat kelak. Ketika seorang mukmin melakukan sholat tahajud, maka pahala yang didapat mampu sebagai bekalnya di akhirat kelak.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Az- Zariyat : 15-18

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (15) آخِذِينَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ (16) كَانُوا قَلِيلا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (17) وَبِالأسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (18

Sesungguhnya orang-orang yang bertqa berada di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di malam hari dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah. (Q.S. Az-Zariyat: 15-18)

3. Meraih kemuliaan

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang mulia dan agung sehingga seorang mukmin  yang melaksanakannya akan mendapatkan kemuliaan. Rasulullah SAW bersabda:

Jibril mendatangiku dan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah prang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah sholat waktu malam dan ketidakbutuhannya dimuliakan orang lain.” (H.R. Al-Baihaqi)

4. Terbebas dari gangguan setan

Hidup setiap manusia pasti mengalami gangguan dan godaan dari para jin dan setan. Dengan rajin dan menjadikan sholat tahajud sebagai kebiasaan, maka setan akan jengah untuk terus menggoda seorang mukmin, sehingga seorang mukmin akan selamat dari macam gangguan setan yang menyesatkan. Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Setan akan mengikat kepala seseorang yang sedang tidur dengan ikatan, menyebabkan kamu tidur dengan cukup lama. Apabila seseorang itu bangkit seraya menyebut nama Allah, maka terlepaslah ikatanpertama, apabila ia berwudhu maka akan terbukalah ikatan kedua, apabila kemudian ia sholat maka akan terbukalah semua ikatannya. Dia juga akan merasa bersemangat maka jiwa akan merasakan ketenangan jiwa, jika tidak maka dia akan malas dan jiwanya menjadi kusut.” (H.R. Muslim)

5. Menjaga ruhani

Ketika seorang mukmin rajin beribadah, maka ruhani (jiwa) akan mencapai ketenangan. Dengan sering melakukan sholat tahajud maka seorang mukmin akan memperoleh sifat rendah hati dan ramah sesuai dengan firman Allah pada surah AL-Furqan ayat 63-64.

وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الأرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلامًا (63) وَالَّذِينَ يَبِيتُونَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَقِيَامًا (64

“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu )ialah) orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (Q.S. Al-Furqan; 63-64)

6. Doa mustajab

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Pada saat inilah doa-doa seorang mukmin yang memohon kepada Tuhannya akan mudah dikabulkan. Rasulullah SAW bersabda:

“Malaikat diperintah Allah untuk turun ke bumi di waktu sepertiga malam terakhir, lalu Allah berseru, “adakah orang-orang yang memohon (berdoa) pasti akan Ku kabulkan, adakah orang yang meminta, pasti aka Ku berikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan Ku ampuni baginya sampai tibah waktu subuh.”

7. Diangkat derajatnya

Karena merupakan suatu amalan yang begitu istimewa, maka bagi siapa saja mukmin yang melakukan pasti akan memperoleh derajat yang istimewa dsisi Allah SWT. Dalam Al-Qur’an AL-Isra ayat 79, Allah berfirman:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat terpuji.” (Q.S. Al-Isra: 79)

Selain telah dijelaskan dalam ayat suci Al-Qur’an, ha ini juga dijelaskan dalam sebuah hadist dimaa Rasulullah SAW berabda:

“Setidaknya ada 3 macam manusia, Allah SWT mencintai mereka, tersenyum kepada merak, dan merasa sennag dengan mereka, yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tdur lembut dan bagus. Kemudian ia bangun alam (untuk sholat), lalu Allah berkata: “Ia meninggalkan kesenangannya dan menginat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur.” (Riwayath Ath-Tabrani).

8. Mendekatkan diri kepada Allah

Amal ibadah merupakan suatu bentuk perbuatan sebagai rasa cinta dan syukur kepada Allah SWT. Seperti jika seorang mukmin mencintai seseorang, maka ia akan berusaha bagaimana mendekatkan diri dengan yang dicintainya tersebut. Dengan rajin mengamalkan sholat tahajud sebagai wujud rasa  cinta dan syukur, maka seorang mukmin telah berusaha mendekatkan diri dengan Allah SWT. Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (H.R. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dan Irwaa Al-Ghalil)

9. Penghapus dosa

Amal baik bisa berfungsi sebagai penghapus doa. Dengan rajin melakukan sholat tahajud maka hati akan tenang dan berusaha untuk berbuat kebaikan dan menghindari dosa. Menyesali perbuatan dosa dan kembali untuk bertaubat, maka dosa lalu akan diampuni.

Dari Abu Umamah al-Bahili berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Lakukanlah qiyamul lail, karena itu kebiasaan orang shaleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (H.R. At-Tirmidzi)

10. Bukti taqwa

Sering melakukan sholat tahajud maka akan meningkatkan taqwa seorang mukmin di sisi Allah. Meningkatnya ketaqwaan seorang mukmin akan terlihat di yaumil qiyamah nanti dengan wajah yang bersinar.

11. Pikiran menjadi tenang

Semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dengan berbagai amalan sebagai wujud cinta dan syukur, maka hati akan lebih tentram dalam menjalani hidup. Sholat tahajud dilakukan pada sepertiga malam terakhir, dimana pada waktu ini kondisi tubuh sangat baik, segar dan tenang.

12. Mencapai cinta dan ridho

Melaksanakan sholat tahajud merupakan wujud cinta seorang hamba kepada Tuhannya. Seorang mukmin yang mengaku cinta dengan Tuhannya perlu ssuatu pembuktian bukan? Bagaimana caranya? Salah satunya yaitu dengan menunaikan sholat tahajud. Berbicara dengan Tuhan pada sepertiga malam terakhir dengan tenang, maka hidup akan lebih damai dan berkah. Semoga.

13. Sholat yang diutamakan

Keistimewaan sholat tahajud yaitu merupakan s holat sunnah yang utama dan diutamakan setelah sholat wajib lima waktu. Sholat tahajud sangat diutamakan untuk menambah kesempurnaan ibadah sehari-hari. Niatkanlah setiap malam untuk bangun sholat tahajud, insya Allah akan istiqomah pula jika menjadikan hsolat tahajud sebagai kebiasaan.

14. Menambah kemuliaan dan kewibawaan

Selain membuat seorang mukmin rendah hati, rutin melakukan sholat tahajud maka akan membuat seorang mukmin dalam kemuliaan dan kewibawaan. Dalam sebuah hadist disebutkan Rasulullah bersabda:

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya.”

15. Menambah nikmat beribadah

Perintah beribadah dari Allah SWT merupakan sebuah kenikmatan bagi seorang hamba. Bagaimana diri seorang hamba ingin menunjukkan cintanya jika tidak dilakukan dengan amalan? Sholat, dzikir, ngaji, muamalah dan amalam beribadah lainnya. Sholat menjadi amalan utama, karena dengan sholat seorang hamba mempunyai kesempatan untuk bertemu dengan Tuhannya mengutarakan segala cinta dan syukur, aduan, kesedihan. Maka dengan inilah sholat tahajud akan menambah rasa nikmat dalam beribadah.

Sekian pembahasan keutamaan sholat tahajud dalam artikel ini. Terlepas dari berbagai keutamaan tersebut, utamakanlah dalam melakukan sesuatu dengan rasa cinta dan syukur tanpa pamrih apapun, termasuk dalam hal beribadah.

Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*