Waktu Sholat Dhuha Terbaik (Menurut Ajaran Islam)

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan orang Islam pada waktu pagi hari sampai waktu sebelum dhuhur.

Mengerjakan sholat dhuha hukumnya adalah sunnah. Apabila dikerjakan mendapat pahala kebaikan dan jika tidak dikerjakan tidak berdosa.

Melaksanakan sholat dhuha dianjurkan oleh Rasulullah. Dalam suatu riwayat Rasulullah pernah berwasiat kepada Abu Hurairah untuk menjadikan sholat dhuha sebagai amalan sunnah yang dikerjakan setiap hari.

Kekasihku-Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam -mewasiatkan kepadaku untuk puasa tiga hari setiap bulan, mengerjakan shalat Dhuha dua rakaat, dan melakukan shalat witir sebelum tidur.” (Muttafaqun ‘alaih) (HR. Bukhari, no. 1178 dan Muslim, no. 721)

Disamping itu, keutamaan mengerjakan sholat dhuha sangat luar biasa antara lain diampuninya dosa-dosa, dicukupkan rejekinya, mendapat pahala, melapangkan dada dan masih banyak lagi keutamaan lainnya.

Sholat dhuha dilakukan minimal dua rakaat dan maksimal dua belas rakaat dimana setiap dua diakhiri dengan salam.

Sholat sunnah ini sendiri memiliki aturan tertentu dalam melaksanakan ibadah ini yakni dikerjakan pada waktu dhuha.

Waktu dhuha didefinisikan sebagai waktu saat matahari naik kurang lebih 7 hasta dimulai dari terbitnya matahari (sekitar pukul 07.00) hingga waktu sebelum dhuhur.

Waktu sholat dhuha terbaik

Waktu mengerjakan sholat sunnah dhuha terbentang setelah beberapa jam matahari terbit hingga matahari condong ke arah barat.

Di Indonesia waktu melaksanakan sholat ini dimulai saat pagi hari dari beberapa jam setelah 20 menit matahari terbit sampai 15 menit sebelum waktu dhuhur.

Menurut Ustadz Abdul Somad, melaksanakan sholat dhuha dimulai 12 menit setelah matahari terbit hingga 10 menit sebelum dhuhur.

Waktu terbaik mengerjakan sholat sunnah ini adalah diwaktu seperempat siang (diakhir waktu), hal ini ditandai dengan keadaan cuaca yang semakin panas.

Dimana sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Zaid bin Arqam, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda:

“Tidakkah mereka mengetahui bahwa sholat diselain waktu ini lebih utama. Seseungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘shalat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan.” (HR. Muslim)

Jam berapakah waktu terbaik melaksanakannya?

waktu sholat dhuha

Sholat dhuha terbaik dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB, Namun untuk tempat lain yang memiliki waktu berbeda atau selain WIB. Untuk menjadi patokan waktu dhuha diberbagai daerah di Indonesia, Anda dapat melihatnya pada jadwal sholat online seperti jadwalsholat.org.

Dalam suatu riwayat Rasulullah pernah bersabda:

“Sholatnya banyak orang yang bertaubat ialah pada ketika berdirinya anak gamal karna teriknya matahari.” (HR. Mukmin)

Amalan ibadah yang dimaksud pada hadist nabi berdasarkan waktu terbaik dilakukannya sholat ini. Hal ini juga diamanatkan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al utsaimin dan Syaikh bin Baz pada uraian buku tentang perkataan nabi riyadhus shalihin.

Sekarang ini telah banyak jadwal sholat yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga dakwah islam atau juga di internet. Anda dapat melihat jadwal sholat tersebut sebagai acuan menunaikan sholat dhuha. Oleh karena itu, anda bisa melihat kapan waktu terbaik dhuha dan kapan waktu yang diharamkan untuk melaksanakannya.

Sebagai informasi, bahwa waktu yang diharamkan melaksanakan sholat sunnah dhuhaa yaitu

  • Setelah shalat subuh sampai matahari terbit sekitar pukul 06.00 AM hingga 07.45 AM.
  • Saat hampir masuk waktu shalat dzuhur sampai tergelincir matahari kurang lebih sekitar pukul 11.30 AM hingga 12.00 PM.

Waktu Sholat Dhuha Terbaik Mustajab untuk cepat kaya

Dalam melaksanakan ibadah sunnah dhuha dipagi hari ketika telah masuk waktu terbaik untuk melaksanakan sholat sunnah ini, memiliki keutamaan yaitu mampu meringankan beban dan melapangkan dada dari masalah yang dialaminya.

Terutama seseorang yang sedang mengalami masalah utang-piutang atau yang berkeinginan memperoleh rejeki yang lebih baik lagi.

Melaksanakan sholat dhuha adalah ibadah yang sangat tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon kelancaran rezeki kepadaNya. Setelah sholat dhuha dianjurkan untuk memanjatkan doa mohon ampunan dan rezeki kepadaNya.

Demikianlah, pembahasan mengenai waktu paling baik untuk mengerjakan sholat dhuha. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*